Saturday, June 11, 2016

Harimau di Pesisir Selatan Berhasil Dievakuasi

Harimau di Pesisir Selatan Berhasil Dievakuasi

 – Harimau Sumatera yang terperangkap di Nagari Sungai Liku Ateh Palangai, kecamatan Ranah Pesisir, kabupaten Pesisir Selatan, sabtusiang (11/6/2016) berhasil dievakuasi oleh petugas dari Balai Konservasi SumberDaya Alam Sumatera Barat dari perangkapnya. Si harimau dibius oleh dokter hewan untuk memudahkan evakuasiya.
Harimau yang berusia sekitar lima tahun ini masuk perangkap yang dipasang warga dan BKSDA hari jumat (9/6/2016) lalu. Setelah satu hari di dalam kerangkeng. Setelah dokter hewan berhasil menyuntikkan bius ketubuh harimau, Inyiak Balang ini pun tertidur.
Petugas segera mengikat Harimau dan mengeluarkannya dari kerangkeng. Emudian Harimau ditandu dan diangkat bersama-sama warga.
Jauh evakuasi sekitar 200 meter hingga ke mobil BKSDA. Harimau rencananya akan langsung dibawa ke Kebun Binatang Bukittinggi untuk mendapatkan perawatan.
Menurut Kasi Konservasi BKSDA Sumbar, Surajiya, penangkapan harimau ini karna adanya permintaan warga yang resah setelah penampakannya satu bulan lalu.
“Warga mengaku cemas setelah melihat harimau itu, apa lagi harimau juga sudah memangsa sapi, supaya tidak timbul korban jiwa, kita putuskan untuk di pasang perangkap saja,” kata Surajiya saat ditanya di lokasi penangkapan.
Menurut dokter hewan Idham Fahmi, dari dinas peternakan dan kesehatan sumbar, untuk pemulihan harimau hanya butuh satu bulan agar bias dilepas kembali kea lam bebas.
“Satu bulan paling, karna kondisinya saat ini baik dan tidak ada luka-luka yang berarti, kita akan rawat dulu di kebun binatang Bukittinggi,” kata Idham Fadli.
Meski satu harimau ini sudah berhasil di evakuasi, namun warga masih resah, karna menurut perkiraan warga, sebelumnya ada dua ekorharimau di kawasan tersebut.(art)

No comments:

Post a Comment