Tuesday, June 7, 2016

Berbahaya Bagi Anak, Ini Daftar 15 Game Kekerasan Menurut Kemendikbud

 

Daftar game berbahaya bagi anak
Daftar game berbahaya bagi anak
HargaTop.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis daftar 15 game kekerasan yang dianggap berbahaya bagi anak-anak. Daftar tersebut dirilis melalui situs Sahabat Keluarga (sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id) yang dikelola oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat.
Situs Sahabat Keluarga merupakan sarana yang dibangun pihak Kemendikbud untuk mewujudkan kemitraan antara orang tua dan satuan pendidikan, mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak, SD, sampai tingkat SMA/SMK. Diharapkan situs yang diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2015 ini dapat membangun ekosistem pendidikan yang baik bersama berbagai pihak yang terlibat.
Pada hari Rabu (6/4/2016), situs Sahabat Keluarga merilis daftar game yang dianggap berbahaya untuk anak. Ke 15 daftar game kekerasan tersebut terdiri dari :
1. World of Warcraft
2. Call of Duty
3. Point Blank
4. Cross Fire
5. War Rock
6. Counter Strike
7. Mortal Combat
8. Future Cop
9. Carmageddon
10. Shelshock
11. Raising Force
12. Atlantica
13. Conflict Vietnam
14. Bully
15. Grand Theft Auto
Selain merilis daftar game berbahaya, Sahabat Keluarga juga menjelaskan pengaruh negatif game kekerasan terhadap anak-anak.
“Penelitian Iowa State University US menunjukkan bahwa bermain game yang mengandung kekerasan selama 20 menit saya dapat ‘mematikan rasa’. Anak akan mudah melakukan kekerasan dan kehilangan empati kepada orang lain,” tulis laman tersebut.

No comments:

Post a Comment